0

Fashion

Posted by Unknown on 08.24 in


Perkembangan Fashion di Indonesia

 contoh salah satu Event tahunan
 Belakangan ini kita sering mendengar simpang siur kabar mengenai fashion di negara kita, Indonesia. Fashion di Indonesia bisa dikatakan berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu tidak lepas dari peran serta desainer-desainer lokal yang terus berperan aktiv dalam meramaikan dunia fashion Indonesia. Hal ini tentu memberikan dampak positif bagi para desainer-desainer lokal untuk mulai memperkenalkan gaya dan karakter fashion mereka. Apalagi pekembangan fashion yang signifikan juga memberikan dampak lain tidak hanya bagi para desainer tapi juga para pengrajin –pengrajin lokal dalam hal perbaikan sektor ekonominya.

Hingga saat  ini pihak yang saya tau memegang peranan penting dalam mempengaruhi fashion di Indonesia adalah APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia), yang beranggotakan perancang dan pengusaha yang bergerak dalam bidang mode Indonesia. Asoiasi ini memiliki program tahunan yang di namakan Fashion Tendance yang sudah diadakan sejak tahun 1993 hingga sekarang. Dalam program ini, seperti biasa dilakukan fashion show yang akan menampilkan prakiaan fashion yang akan menjadi trend tahu mendatang. Orientasi dari kegiatan ini sendiri adalah untuk memberikan arahan yang jelas mengenai konsep rancangan terbaru dari APPMI pada masyarakat luas terutama desainer-desainer Indonesia.


Trend fashion yang di konsepkan oleh APPMI sendiri pada dasarnya merupakan kombinasi dari inspirasi fashion mancanegara khususnya Eropa dan Indonesia sendiri. Memang hingga saat ini kiblat fashion seluruh dunia terpusat pada Eropa seperti  paris dan Milan, dua negara ini memang sudah tidak bisa diragukanlagi inspirasi desainnya. Desain yang mereka hasilkan selalu tidak lepas dari unsur klasik dan sederhana.


Perkembangan fashion di Indonesia tidak terjadi begitu saja, melainkan karena adanya arus bantuan dari teknologi yang berkembang semakin pesat, sehingga masyarakat Indonesia menjadi lebih terbuka terhadap pengetahuan-pengetahuan dan perkembangan fashion secara global. Tidak bisa kita pungkiri kiblat fashion Indonesia memang banyak di pengaruhi dari barat. Tetapi hal ini  tidak lantas  menyurutkan nyali para desiner lokal untuk terus memperbaharui dan menciptakan trend fashion Indonesia, bahkan beberapa desainer yang sudah punya nama sendiri mulai memperkenalkan Indonesia sebagai pemilik fashion batik di mata dunia Internasional. Walaupun gaya barat masih mendominasi tapi desainer-desainer Indonesia terus berusaha memadupadankan karakter fashion barat yang klasik dengan karakter fashion Indonesia yang tradisional dengan batik ataupun kain-kain tenunnya. Mereka kembali memunculkan gaya khas Indonesia ke permukaan dengan cara membuka pola pikir masyarakat Indonesia tentang konsumen Indonesia cerdas dalam memilih gaya mana yang disukai dan pantas baginya.


Jenis  fashion yang paling signifikan dan cepat perkembangannya adalah pakaian atau baju. Karena baju lebih cepat pergantian modenya dan cenderung menjadi konsmsi yang paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia ketimbang celana sepatu ataupun tas.




|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Pineapple All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.